Dari informasi yang diperoleh Kompas.com, skutik terbaru produsen berlambang garpu tala ini akan mulai dikenalkan terlebih dahulu ke pihak media. "Akhir bulan ini, pihak media akan diundang untuk mencoba produk terbaru, dan peluncuran baru akan direncanakan awal bulan depan," ujar sumber di PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) kepada Kompas.com, Kamis (8/4/2010).
Mengacu data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), total penjualan semua model skutik Yamaha per bulan berada pada kisaran 120.000 unit per bulan. Dengan adanya produk baru, sumber tersebut mengatakan bahwa target kemudian akan ditingkatkan menjadi 150.000 unit per bulan.
Seperti diketahui, persiapan produksi sudah dilakukan oleh pihak PT Yamaha Motor Manufacturing Indonesia (YMMI) dengan izin produksi tipe 44D bernama Xeon tertanggal 19 Maret 2010. Dari penelusuran Kompas.com, Xeon adalah produk skuter matik terbaru Yamaha berkapasitas 125 cc. Kompas.com pun pernah menangkap kamera produk terbaru Yamaha ini saat sedang dites di jalan.
Di Thailand, skutik ini dinamai Mio 125 dan baru saja diluncurkan awal tahun ini dengan dengan dapur pacu 124 cc, 4 tak SOHC, dilengkapi sistem pendingin air. Bahkan pada saat peluncuran, duo pebalap andalan Yamaha di MotoGP, Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo, berhasil diboyong ke Negeri Gajah Putih tersebut.
Dengan demikian, Xeon akan menempati strata tertinggi model skutik Yamaha di atas Mio dan Mio Soul.
Mesin | |
Jenis | 4 Langkah, SOHC, Berpendingin Cairan |
Valume Silinder | 124 cc |
Jumlah / Posisi Silinder | Cylinder Tunggal / Mendatar |
Diameter x Langkah | 52,4 x 57,9 mm |
Perbandingan Kompresi | 10,9 : 1 |
Pelumasan | Basah |
Sistem Bahan Bakar | MIKUNI BS 26 x 1 |
Sistem Pengapian | DC C.D.I |
Battery | 12V, 3.5Ah / YTZ5S |
Busi | C6HSA (NGK) / U20FS-U (DENSO) |
Sistem Starter | Electric & Kick Starter |
Kapasitas Tangki | 4,1 Liter |
Kapasitas Oli Mesin | Total 0,9 Liter |
Berkala 0,8 Liter | |
Transmisi | CVT Otomatis |
Tipe Kopling | Kering, Kopling Sentrifugal |
Daya Maksimum | 8,05 kW / 8500 rpm |
Torsi Maksimum | 10,1 Nm / 7000 rpm |
Rangka | |
Tipe | Pipa Baja |
Suspensi Depan | Teleskopik |
Suspensi Belakang | Lengan Ayun, Suspensi Tunggal |
Rem Depan | Cakram |
Rem Belakang | Tromol |
Ukuran Roda Depan | 70 / 90 – 14M/C 34P |
Ukuran Roda Belakang | 80 / 90 – 14M/C 40P |
Dimensi | |
Panjang | 1850 mm |
Lebar | 685 mm |
Tinggi | 1060 mm |
Tinggi Tempat Duduk | 750 mm |
Jarak Sumbu Roda | 1250 mm |
Jarak Terendah Ke Tanah | 125 mm |
Berat Isi | 103 kg |
DiASil CylinderTipe cylinder ini memiliki daya tahan yang kuat terhadap aus/gesekan serta sangat mudah dalam melepas panas sehingga umur pakainya menjadi lebih lama (awet)
Liquid Cooled
Untuk menjaga kondisi temperatur mesin agar tetap stabil terutama pada kondisi jalan yang macet ataupun untuk pengendaraan jarak jauh
Forged Piston
Memiliki daya tahan yang sangat kuat terhadap aus/gesekan dan berat yang lebih ringan sehingga menjadikan piston ini memiliki umur pakai yang lebih panjang
Throttle Position Sensor
Karburator yang dilengkapi dengan TPS untuk menghasilkan waktu pengapian yang ideal sehingga menghasilkan pembakaran lebih sempurna, dan konsumsi bahan bakar menjadi lebih efisien Auto choke memudahkan konsumen saat menghidupkan mesin dalam kondisi dingin.
Kapasitas bagasi yang luas sehingga mampu menyimpan lebih banyak barang, termasuk helm half face
Tidak ada komentar:
Posting Komentar