Kamis, 10 Juni 2010

Yamaha launching matic baru ( Yamaha Xeon )

Yamaha Xeon



Kehadiran produk skuter otomatik terbaru Yamaha, Xeon, di Indonesia tampaknya tak akan lama lagi. Pihak Yamaha Indonesia berencana bahwa proses produksi dimulai akhir bulan ini dan akan dijual pada awal Mei mendatang.

Dari informasi yang diperoleh Kompas.com, skutik terbaru produsen berlambang garpu tala ini akan mulai dikenalkan terlebih dahulu ke pihak media. "Akhir bulan ini, pihak media akan diundang untuk mencoba produk terbaru, dan peluncuran baru akan direncanakan awal bulan depan," ujar sumber di PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) kepada Kompas.com, Kamis (8/4/2010).

Mengacu data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), total penjualan semua model skutik Yamaha per bulan berada pada kisaran 120.000 unit per bulan. Dengan adanya produk baru, sumber tersebut mengatakan bahwa target kemudian akan ditingkatkan menjadi 150.000 unit per bulan.

Seperti diketahui, persiapan produksi sudah dilakukan oleh pihak PT Yamaha Motor Manufacturing Indonesia (YMMI) dengan izin produksi tipe 44D bernama Xeon tertanggal 19 Maret 2010. Dari penelusuran Kompas.com, Xeon adalah produk skuter matik terbaru Yamaha berkapasitas 125 cc. Kompas.com pun pernah menangkap kamera produk terbaru Yamaha ini saat sedang dites di jalan.

Di Thailand, skutik ini dinamai Mio 125 dan baru saja diluncurkan awal tahun ini dengan dengan dapur pacu 124 cc, 4 tak SOHC, dilengkapi sistem pendingin air. Bahkan pada saat peluncuran, duo pebalap andalan Yamaha di MotoGP, Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo, berhasil diboyong ke Negeri Gajah Putih tersebut.

Dengan demikian, Xeon akan menempati strata tertinggi model skutik Yamaha di atas Mio dan Mio Soul.

Spesifikasi yamaha xeon 125

Mesin
Jenis 4 Langkah, SOHC, Berpendingin Cairan
Valume Silinder 124 cc
Jumlah / Posisi Silinder Cylinder Tunggal / Mendatar
Diameter x Langkah 52,4 x 57,9 mm
Perbandingan Kompresi 10,9 : 1
Pelumasan Basah
Sistem Bahan Bakar MIKUNI BS 26 x 1
Sistem Pengapian DC C.D.I
Battery 12V, 3.5Ah / YTZ5S
Busi C6HSA (NGK) / U20FS-U (DENSO)
Sistem Starter Electric & Kick Starter
Kapasitas Tangki 4,1 Liter
Kapasitas Oli Mesin Total 0,9 Liter
Berkala 0,8 Liter
Transmisi CVT Otomatis
Tipe Kopling Kering, Kopling Sentrifugal
Daya Maksimum 8,05 kW / 8500 rpm
Torsi Maksimum 10,1 Nm / 7000 rpm
Rangka
Tipe Pipa Baja
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Lengan Ayun, Suspensi Tunggal
Rem Depan Cakram
Rem Belakang Tromol
Ukuran Roda Depan 70 / 90 – 14M/C 34P
Ukuran Roda Belakang 80 / 90 – 14M/C 40P
Dimensi
Panjang 1850 mm
Lebar 685 mm
Tinggi 1060 mm
Tinggi Tempat Duduk 750 mm
Jarak Sumbu Roda 1250 mm
Jarak Terendah Ke Tanah 125 mm
Berat Isi 103 kg

DiASil Cylinder
Tipe cylinder ini memiliki daya tahan yang kuat terhadap aus/gesekan serta sangat mudah dalam melepas panas sehingga umur pakainya menjadi lebih lama (awet)

Liquid Cooled
Untuk menjaga kondisi temperatur mesin agar tetap stabil terutama pada kondisi jalan yang macet ataupun untuk pengendaraan jarak jauh

Forged Piston
Memiliki daya tahan yang sangat kuat terhadap aus/gesekan dan berat yang lebih ringan sehingga menjadikan piston ini memiliki umur pakai yang lebih panjang

Throttle Position Sensor
Karburator yang dilengkapi dengan TPS untuk menghasilkan waktu pengapian yang ideal sehingga menghasilkan pembakaran lebih sempurna, dan konsumsi bahan bakar menjadi lebih efisien Auto choke memudahkan konsumen saat menghidupkan mesin dalam kondisi dingin.

Ergonomic Seat Design
Kapasitas bagasi yang luas sehingga mampu menyimpan lebih banyak barang, termasuk helm half face

Tidak ada komentar:

Posting Komentar